Modifikasi Total Yamaha YZ450F 2008 Untuk Ikut Race to the Clouds

Berhasil Raih Posisi 6 Dikelas Pikes Peak Lightweight 2019

ru88ercookie.com – Selepas gelaran Pike Peak International Hill Climb 2019 yang diwarnai kematian Carlin Dunne ternyata ada hal menarik lainnya yaitu deretan sepeda motor yang dimodifikasi khusus untuk balapan yang dijuluki Race to the Clouds ini. Salah satunya adalah Yamaha YZ450F hasil produksi tahun 2008 yang digunakan oleh Thomas Kendall. Hasil yang diperoleh juga cukup bagus dimana dia berhasil mendapatkan posisi 6 dengan sepeda motor yang bisa dibilang “tua” dibandingkan lawan lawannya.

Jadi Yamaha YZ450F 2008 ini mengikuti kelas Lightweight dimana sepeda motor baik 2 tak maupun 4 tak berkapasitas maksimal 500 cc diperbolehkan ikut. Dan Thomas Kendall tidak serta merta membaw Yamaha YZ450F 2008 nya dengan merubah a la Supermoto saja melainkan rubahan total di bagian body, serta mesin juga.

Thomas Kendall mengatakan bahwa Yanaha YZ450F 2008 miliknya adalah perpaduan dari super single dan tracker style. Hal ini bisa dilihat dari kaki kaki yang digunakan dan bodywork yang dikenakan oleh Yamaha YZ450F 2008 ini. Ubahan ini dikatakan Thomas untuk memberi keunikan pada kelas Lightweight yang diikutinya.

Dengan modifikasi total, hanya tersisa sasis dan swingarm saja yang merupakan bagian asli dari Yamaha YZ450F 2008 ini. Suspensi depan sudah diganti dengan milik Yamaha YZF R6 plus triple clamp dan risers dari Cognito Moto. Untuk setang memakai Renthal Fat Bar dengan master rem Brembo RCS dan lever combo serta lever guard bermerk Woodcraft.

Sistem pengereman bagian depan dipercayakan kepada bawaan Yamaha YZF R6 yaitu kaliper 1 piston berikut cakramnya. Pada bagian belakang dipercayakan kepada merk Brembo. Selang rem Hel juga dipercaya untuk melengkapi sistem pengereman. Untuk suspensi belakang diganti dengan Ohlins TTX yang di custom. Velg depan memakai milik Yamaha YZF R6 sementara velg belakang memakai Galespeed.

Mesin 449 cc Yamaha YZ450F ini juga mengalami perubahan total dimana piston diganti dengan piston kompresi tinggi merk Wiseco. Perubahan lain adalah Hot Cams stage 2, per katup dan katup Kibblewhite SS, karburator Lectron Fuel System dan tangki dari Graves Motorsport. Dengan performa mesin yang meningkat, maka untuk menjaga mesin tetap hidup dipasang Boyesen water pump dan radiator besar dari Tusk. Knalpot titanium dari DRD juga ikut dipasang untuk meningkatkan tenaga. Perubahan lain adalah Wiseco clutch basket, STM slipper clutch, Graves ignition module dan Dynojet quickshifter. Ban Metzeler juga terpasang untuk menjaga sepeda motor tetap di lintasan.


Supono Wahyudi
Instagram : @suponowahyudi
Twitter : @ suponowahyudi
Email : suponow46@gmail.com
Facebook Page : Rubber Cookie
Youtube Channel : Supono Wahyudi

Advertisements