Ditinggalkan Honda, Ten Kate Kembali ke WorldSBK 2019 Dengan Yamaha

ru88ercookie.com – Sepeninggal Honda ke Moriwaki dan Althea, Ten Kate Racing dirudung ketidakpastian dan harus menyatakan bangkrut. Namun, kali ini ada kabar baik yang menyatakan mereka akan kembali ke WorldSBK 2019 bersama Yamaha.

Ten Kate Racing berawal dari dealer Honda di Nieuwluesen, 45 km selatan Assen. Mereka memasuki WorldSBK dan WorldSSP dengan berhasil beberapa kali menjadi juara dunia. Namun, pada 30 Oktober 2018 Honda mengumumkan bahwa mereka tidak melanjutkan kerjasama dengan Ten Kate dan memilih kerjasama dengan Moriwaki dan Althea. Jelas ini merupakan pukulan berat bagi Ten Kate Racing karena mereka sudah bertahun tahun bekerjasama dengan Honda. Kadaan bertambah buruk karena mereka sudah mempersiapkan mesin untuk musim balap 2019, mempersiapkan parts, memesan berbagai kebutuhan untuk musim 2019 dan sudah mengontrak pembalap kedua sebagai tandem Leon Camier. Hal hal inilah yang membuat Ten Kate Racing menyatakan bangkrut.

Ronald Ten Kate selaku pimpinan tim mengaku marah, kecewa, sedih dan bingunh setelah kerjasama dengan Honda tidak bisa dilanjutkan. Beban berat bagi dirinya bertambah karena harus ikut memikirkan nasib para karyawan yang sudah bertahun tahun bekerja bersama.

Namun, hal itu sudah menjadi cerita lalu karena untuk WorldSBK musim 2019 ini Ten Kate digandeng oleh Yamaha Motor Europe. Bersama Yamaha, Ten Kate akan menurunkan Loris Baz sebagai pembalap utama. Rencananya, Ten Kate Yamaha akan memulai balapan paling cepat di seri Imola. Namun melihat persiapan yang mepet maka akan jadi perjudian yang berat jika memaksakan ikut serta di seri Imola. Namun yang pasti, tim Ten Kate Yamaha sudah pasti akan ikut di seri Jerez.

Ten Kate Yamaha akan mendapat spek mesin sama seperti Crescent PATA Yamaha dan GRT Yamaha namun mereka bisa melakukan riset sendiri dan berharap bisa kompetitif sampai akhir musim.

Keuntungan lain Ten Kate berkerjasama dengan Yamaha adalah mereka, basis Ten Kate adalah produsen performance part, bisa menjual part kepada pembalap profesional dan amatir. Selain itu mereka juga sudah mulai menjual part Yamaha GYTR. Dengan Honda sudah kurang diminati sebagai produsen sepeda motor balap dan semakin sedikit pembalap yang memakainya maka pilihan tepat bagi Ten Kate mulai bekerjasama dengan pabrikan lain dan mereka memulainya dengan Yamaha.

Supono Wahyudi
Instagram : @suponowahyudi
Twitter : @ suponowahyudi
Email : suponow46@gmail.com
Facebook Page : Rubber Cookie
Youtube Channel : Supono Wahyudi