Ketemu Langsung Dengan Yamaha Free Go

ru88ercookie.com – Dengan sukses dan meriahnya Kopdargab YRFI Karawang dan Mini launching Yamaha Free Go di Perumahan De’Keraton, Kosambi, Karawang kemarin menyisakan banyak bahan tulisan untuk RC, mulai dari Yamaha Free Go sampai Yamaha YZF R6.

Oke, kita mulai dulu dari bagaimana penilaian RC ketika pertama kali bertemu secara langsung dengan produk terbaru PT. Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) ini. Jadi, pertama melihat, dimensi Yamaha Free Go ini dari depan relatif sama ukurannya dengan sepeda motor matic kebanyakan. Namun perbedaan mencolok adalah lingkar velg 12 inch dengan ban 100/90/12 di depan dan 110/90/12 di belakang. Pemakaian lingkar velg kecil ini memberi kesan compact pada keseluruhan Yamaha Free Go. Untuk ban sudah tubeless semua dengan velg minimalis palang 6.

RC belum njajal naikin karena dipepet sales terus mulai dari nanya nomor hp, foto ktp sampai diajak duduk untuk mengisi formulir pembelian. Sudah dijelaskan kalau RC cuma foto foto tapi tetap dipepet terus. OK, salesnya pantang menyerah dan ini bagus karena mereka ujung tombak penjualan sepeda motor Yamaha. Jadi, berdasarkan info rekan rekan blogger lain yang sudah jajal sih katanya masih agak jinjit terkait dimensi ban lebar dan tebalnya. Tapi ya tergantung tinggi badan juga 😂.

Dari depan dimensinya familiar lah, tapi ketika melirik ke belakang ternyata sepeda motor ini cukup pendek. Bagian dek depan rata dan kelihatannya cukup lebar untuk mengakomodasi kaki agar nyaman ketika berkendara. Desain lampu belakang mengotak namun serasi dengan kesan compact yang coba dibawa Yamaha Free Go. Tidak neko neko tapi fungsional.

Kemudian posisi pengisian tangki bahan bakar ada dibawah kemudi bagian kiri, berbentuk bulat dan memberikan keuntungan bagasi menjadi lebih lebar karena tangki bahan bakar ada di bawah kaki. Kapasitas bagasi menbengkak menjadi 25 liter dan ini luar biasa untuk sepeda motor yang dimensinya cukup kecil jika dibandingkan MAXI series Yamaha. Untuk membuka jok dan lubang pengisian bahan bakar tinggal tekan tombol di samping kontak (sama saja mau tipe keyless atau pakai anak kunci).

Kemudian mesin masih mengadopsi mesin air cooled dengan tambahan Smart Motor Generator yang membuat suara mesin halus saat dinyalakan. Mesin berdasarkan info dari rekan rekan blogger lain itu identik dengan mesin matic entry level Yamaha (Mio dan Soul GT). Sayang sekali masih menggunakan mesin tersebut karena sebenarnya Yamaha memiliki mesin yang lebih bagus yaitu mesin Yamaha Lexi 125. Tapi sepertinya pilihan penggunaan mesin air cooled ini untuk menekan harga jual.

O iya, Yamaha Free Go ini untuk semua variannya dilengkapi dengan electric socket untuk charger HP. Tapi sangat disayangkan tidak ada laci untuk menempatkan HP ketika sedang di charge. Untuk mengatasinya sih gampang, rekan rekan bisa memasang holder HP agar HP tidak perlu dipegang. Untuk speedometer ukurannya kecil, RC belum melihat apa saja yang ditampilkan karena ini hanya unit display dan tidak ada anak kunci maupun remote untuk menyalakannya.

Last, kesimpulan RC, Yamaha Free Go ini ditujukan untuk komuter dalam kota dengan kondisi jalanan padat. Dengan body yang tidak terlalu lebar serta lingkar ban tebal dan lebar memudahkan untuk bermanuver. Kapasitas bagai luas memberikan kemudahan membawa barang dengan aman tanpa mengurangi kenyamanan dan keamanan berkendara. Mesin 125 cc air cooled dari Yamaha terbukti tangguh untuk melibas jalanan dengan tenaga merata. Posisi pengisian bahan bakar ada di depan sehingga mudah untuk mengisi kembali bahan bakar dengan cepat.

Untuk kekurangannya sepertinya hanya tidak adanya laci untuk menyimpan HP atau sekedar menaruh barang barang kecil lainnya.

Ya, sepertinya cukup itu cerita pengalaman bertemu secara langsung Yamaha Free Go. Semoga kedepannya nanti bisa njajal secara langsung karena ketika acara tidak ada sesi test ride Yamaha Free Go.

Supono Wahyudi
Instagram : @suponowahyudi
Twitter : @ suponowahyudi
Email : suponow46@gmail.com
Facebook Page : Rubber Cookie
Youtube Channel : Supono Wahyudi

Advertisements