Seri Baru Untuk FIM EWC 2019-2020, Sepang 8 Hours

ru88ercookie.com – Setelah hiruk pikuk meriahnya seri pamungkas FIM Endurance World Championship (EWC) 2017-2018 dengan kemenangan tim Yamaha Factory Racing dan FCC TSR Honda France kini ada kejutan baru. Kejutan ini adalah hadirnya seri baru yaitu Sepang 8 Hours ke kalender FIM EWC 2019-2020.

Seri baru ini terselenggara berkat kerjasama Eurosport Events sebagai promotor FIM EWC, FIM, Mobility Land dan Sepang International Circuit (SIC). Sepang 8 Hours nantinya akan menjadi sesi kualifikasi bagi tim tim yang akan ikut berlaga di Suzuka 8 Hours. Nantinya tim tim dari Asia Tenggara, Jepang dan Eropa yang akan mengikuti Suzuka 8 Hours akan terbang ke Sepang dengan biaya tim tim Erooa dan Jepang ditanggung oleh Eurosport Events.

Seri Sepang 8 Hours dijadwalkan akan digelar pada 9 Desember 2019. Dan Sepang 8 Hours kan menjadi balapan pertama yang diadakan di musim dingin (bagi tim yang memiliki 4 musim) dan balapan kedua di Asia setelah Suzuka 8 Hours di Bulan Juli 2019.

Untuk format balapan mirip dengan Suzuka 8 Hours yaitu dengan Superpole Top 10 Trial dan finish ketika malam.

Pernyataan pihak pihak yang berwenang :

Razlan Razali, Sepang CEO.

Berdasarkan survey publik yang sudah SIC adakan selama 3 bulan tahun lalu , kami dengan bangga mengumumkan jika seri FIM EWC adalah pilihan warga Malaysia yang ingin mereka saksikan di Sepang sebagai pengganti Formula One. Dan kami juga dengan bangga mengumumkan bahwa seri Sepang akan menjadi seri kualifikasi bagi tim Jepang dan Asia yang akan berlaga di Suzuka 8 Hours. Tim tim terbaik yang turun satu musim penuh di FIM EWC juga akan turut hadir. Ketertarikan kepada acara roda 2 sudah berkembang dari 8 tahun lalu di Malaysia dan kami sangat senang seri ini akan diadakan di bulan Desember 2019 setelah semua acara besar selesai dan kami berharap bisa menarik para pembalap papan atas untuk ikut serta di Sepang 8 Hours.

Susumu Yamashita, Mobilityland President.

Saya sangat senang mengetahui FIM EWC menyelenggarakan seri baru di Malaysia, di Sepang International Circuit.

Untuk anda ketahui, balap ketahanan Suzuka 8 Hours pertama kali diadakan pada 1978 dan tahun lalu sudah memasuki tahun ke 40. Atmosfer yang unik dan menariknya balapan 8 jam memberikan gairah selama tahun tahun ini, telah membuat Suzuka 8 Hours menjadi salah satu balapan terbaik.

Saya percaya sejak tahun lalu, fakta bahwa Coca Cola Suzuka 8 Hours menjadi final FIM EWC telah berkontribusi membawa balapan ini menjadi perhatian di dunia dan Asia.

Dengan popularitas dari Suzuka 8 Hours terus meningkat di Asia, kami telah menyaksikan dan lebih banyak peserta yang berpartisipasi di acara ini. Dalam membuat landasan yang cocok, saya percaya sangat krusial untuk terus melanjutkan kerjasama antara sirkuit Suzuka, sirkuit Sepang dan Eurosport Events.

Melihat regulasi dari percobaan baru ini, diskusi selanjutnya akan membahas hal terbaik dan membawa tim tim terbaik dari Eropa, Jepang dan Asia.

Vito Ippolito, FIM President.

Ketika kami menandatangani kontrak promosi dengan Eurosport, di 2015, kami berharap besar kejuaraan FIM EWC bisa berkembang di jumlah tim yang ikut serta, seri baru dan terutama di sisi pemberitaanya. Saya harus jujur kami tidak pernah kecewa sampai saat ini. Banyak harapan kami sudah diwujudkan.

Untuk musim 2019-2020, acara baru di Asia, di Sepang, akan digelar. Kami sangat senang dengan kerjasama yang baik antara FIM, Eurosport dan sirkuit terkenal seperti Suzuka dan Sepang membuat kami berpikir untuk mengadakan seri balapan 8 jam di Malaysia, pada Desember 2019. Format dari kualifikasi dan seleksi untuk Suzuka 8 Hours 2020 menjanjikan kesuksesa untuk seri baru ini.

Francois Ribeiro, Head of Eursport Events.

Kehormatan besar bisa hadir dengan pemimpin Suzuka dan Sepang, 2 sirkuit di Asia yang sudah diakui reputasinya karena menggelar balapan terbaik dari roda 2 maupun roda 4. Kehormatan besar bagi saya saat ini di Suzuka, pada malam FIM EWC Grand Finale, kejuaraan dunia balap ketahanan memasuki babak baru di Asia Tenggara dengan menggelar balap musim dingin, Sepang 8 Hours, yang akan digelar diantara Bol d’Or di September 2019 dan 24 Heures Motos pada April 2020.

Supono Wahyudi
Instagram : @suponowahyudi
Twitter : @ suponowahyudi
Email : suponow46@gmail.com
Facebook Page : Rubber Cookie
Youtube Channel : Supono Wahyudi

Advertisements